>Biografi Rabi’ah adawiyah (1)

>Biografi Rabi’ah adawiyah (1)

>Rabiah binti Ismail al-Adawiyah tergolong wanita
sufi yang terkenal dalam sejarah Islam. Dia
dilahirkan sekitar awal kurun kedua Hijrah
berhampiran kota Basrah di Iraq. Dia lahir dalam
sebuah keluarga yang miskin dari segi kebendaan
namun kaya dengan peribadatan kepada Allah.
Ayahnya pula hanya bekerja mengangkut
penumpang menyeberangi Sungai Dijlah dengan
menggunakan sampan.
Pada akhir kurun pertama Hijrah, keadaan hidup
masyarakat Islam dalam pemerintahan Bani
Umaiyah yang sebelumnya terkenal dengan
ketaqwaan telah mulai berubah. Pergaulan
semakin bebas dan orang ramai berlumba-lumba
mencari kekayaan. Justeru itu kejahatan dan
maksiat tersebar luas. Pekerjaan menyanyi,
menari dan berhibur semakin diagung-agungkan.
Maka ketajaman iman mulai tumpul dan zaman
hidup wara serta zuhud hampir lenyap sama
sekali.
Namun begitu, Allah telah memelihara sebilangan
kaum Muslimin agar tidak terjerumus ke dalam
fitnah tersebut. Pada masa itulah muncul satu
gerakan baru yang dinamakan Tasawuf Islami
yang dipimpin oleh Hasan al-Basri. Pengikutnya
terdiri daripada lelaki dan wanita. Mereka
menghabiskan masa dan tenaga untuk mendidik
jiwa dan rohani mengatasi segala tuntutan hawa
nafu demi mendekatkan diri kepada Allah sebagai
hamba yang benar-benar taat.
Bapa Rabiah merupakan hamba yang sangat
bertaqwa, tersingkir daripada kemewahan dunia
dan tidak pernah letih bersyukur kepada Allah. Dia
mendidik anak perempuannya menjadi muslimah
yang berjiwa bersih. Pendidikan yang
diberikannya bersumberkan al-Quran semata-
mata. Natijahnya Rabiah sendiri begitu gemar
membaca dan menghayati isi al-Quran sehigga
berjaya menghafal kandungan al-Quran. Sejak
kecil lagi Rabiah sememangnya berjiwa halus,
mempunyai keyakinan yang tinggi serta
keimanan yang mendalam.
Menjelang kedewasaannya, kehidupannya
menjadi serba sempit. Keadaan itu semakin buruk
setelah beliau ditinggalkan ayah dan ibunya.
Rabiah juga tidak terkecuali daripada ujian yang
bertujuan membuktikan keteguhan iman. Ada
riwayat yang mengatakan beliau telah terjebak
dalam kancah maksiat. Namun dengan limpah
hidayah Allah, dengan asas keimanan yang
belum padam di hatinya, dia dipermudahkan oleh
Allah untuk kembali bertaubat. Babak-babak
taubat inilah yang mungkin dapat menyedar serta
mendorong hati kita merasai cara yang
sepatutnya seorang hamba bergantung harap
kepada belas ihsan Tuhannya.
Marilah kita teliti ucapan Rabiah sewaktu
kesunyian di ketenangan malam ketika
bermunajat kepada Allah:
Ya Allah, ya Tuhanku. Aku berlindung diri kepada
Engkau daripada segala yang ada yang boleh
memesongkan diri daripada-Mu, daripada segala
pendinding yang boleh mendinding antara aku
dengan Engkau!
Tuhanku! Bintang-bintang telah menjelma indah,
mata telah tidur nyenyak, semua pemilik telah
menutup pintunya dan inilah dudukku di
hadapan-Mu.
Tuhanku! Tiada kudengar suara binatang yang
mengaum, tiada desiran pohon yang bergeser,
tiada desiran air yang mengalir, tiada siulan
burung yang menyanyi, tiada nikmatnya teduhan
yang melindungi, tiada tiupan angin yang
nyaman, tiada dentuman guruh yang
menakutkan melainkan aku dapati semua itu
menjadi bukti keEsaan-Mu dan menunjukkan
tiada sesuatu yang menyamai-Mu.
Sekelian manusia telah tidur dan semua orang
telah lalai dengan asyik maksyuknya. Yang tinggal
hanya Rabiah yang banyak kesalahan di hadapan-
Mu. Maka moga-moga Engkau berikan suatu
pandangan kepadanya yang akan menahannya
daripada tidur supaya dia dapat berkhidmat
kepada-Mu.
Rabiah juga pernah meraung memohon belas
ihsan Allah SWT:
Tuhanku! Engkau akan mendekatkan orang yang
dekat di dalam kesunyian kepada keagungan-Mu.
Semua ikan di laut bertasbih di dalam lautan yang
mendalam dan kerana kebesaran kesucian-Mu,
ombak di laut bertepukan. Engkaulah Tuhan yang
sujud kepada-Nya malam yang gelap, siang yang
terang, falak yang bulat, bulan yang menerangi,
bintang yang berkerdipan dan setiap sesuatu di
sisi-Mu dengan takdir sebab Engkaulah Tuhan
Yang Maha Tinggi lagi Maha Perkasa.
Setiap malam begitulah keadaan Rabiah. Apabila
fajar menyingsing, Rabiah terus juga bermunajat
dengan ungkapan seperti:
Wahai Tuhanku! Malam yang akan pergi dan
siang pula akan mengganti. Wahai malangnya
diri! Apakah Engkau akan menerima malamku ini
supaya aku berasa bahagia ataupun Engkau akan
menolaknya maka aku diberikan takziah? Demi
kemuliaan-Mu, jadikanlah caraku ini kekal selama
Engkau menghidupkan aku dan bantulah aku di
atasnya. Demi kemuliaan-Mu, jika Engkau
menghalauku daripada pintu-Mu itu, nescaya aku
akan tetap tidak bergerak juga dari situ
disebabkan hatiku sangat cinta kepada-Mu.
Seperkara menarik tentang diri Rabiah ialah dia
menolak lamaran untuk berkahwin dengan
alasan:
Perkahwinan itu memang perlu bagi sesiapa yang
mempunyai pilihan. Adapun aku tiada
mempunyai pilihan untuk diriku. Aku adalah milik
Tuhanku dan di bawah perintah-Nya. Aku tidak
mempunyai apa-apa pun.
Rabiah seolah-olah tidak mengenali yang lain
daripada Allah. Oleh itu dia terus-menerus
mencintai Allah semata-mata. Dia tidak
mempunyai tujuan lain kecuali untuk mencapai
keredhaan Allah. Rabiah telah mempertalikan
akalnya, pemikirannya dan perasaannya hanya
kepada akhirat semata-mata. Dia sentiasa
meletakkan kain kapannya di hadapannya dan
sentiasa membelek-beleknya setiap hari.
Selama 30 tahun dia terus-menerus mengulangi
kata-kata ini dalam sembahyangnya:
Ya Tuhanku! Tenggelamkanlah aku di dalam
kecintaan-Mu supaya tiada suatupun yang dapat
memalingkan aku daripada-Mu.
Antara syairnya yang masyhur berbunyi:
Kekasihku tiada menyamai kekasih lain biar
bagaimanapun,
Tiada selain Dia di dalam hatiku mempunyai
tempat manapun,
Kekasihku ghaib daripada penglihatanku dan
peribadiku sekalipun,
Akan tetapi Dia tidak pernah ghaib di dalam hatiku
walau sedetik pun.
Rabiah telah membentuk satu cara yang luar
biasa di dalam mencintai Allah. Dia menjadikan
kecintaan pada Ilahi itu sebagai satu cara untuk
membersihkan hati dan jiwa. Dia memulakan
fahaman sufinya dengan menanamkan rasa takut
kepada kemurkaan Allah seperti yang pernah
diluahkannya:
Wahai Tuhanku! Apakah Engkau akan membakar
dengan api hati yang mencintai-Mu dan lisan
yang menyebut-Mu dan hamba yang takut
kepada-Mu?
Kecintaan Rabiah kepada Allah berjaya melewati
pengharapan untuk beroleh syurga Allah semata-
mata:
Jika aku menyembah-Mu kerana takut daripada
api neraka-Mu maka bakarlah aku di dalamnya!
Dan jika aku menyembah-Mu kerana tamak
kepada syurga-Mu maka haramkanlah aku
daripadanya! Tetapi jika aku menyembah-Mu
kerana kecintaanku kepada-Mu, maka berikanlah
aku balasan yang besar, berilah aku melihat
wajah-Mu yang Maha Besar dan Maha Mulia itu.
Begitulah keadaan kehidupan Rabiah yang
ditakdirkan Allah untuk diuji dengan keimanan
serta kecintaan kepada-Nya. Rabiah meninggal
dunia pada 135 Hijrah iaitu ketika usianya
menjangkau 80 tahun. Moga-moga Allah
meredhainya, amin!
Sekarang mari kita tinjau diri sendiri pula. Adakah
kita menyedari satu hakikat yang disebut oleh
Allah di dalam Surah Ali Imran, ayat 142 yang
bermaksud:
Apakah kamu mengira bahawa kamu akan
masuk syurga padahal belum nyata bagi Allah
orang yang berjihad di antaramu dan belum
nyata orang yang sabar?
Bagaimana perasaan kita apabila insan yang kita
kasihi menyinggung perasaan kita? Adakah kita
terus berkecil hati dan meletakkan kesalahan
kepada insan berkenaan? Tidak terlintaskah untuk
merasakan di dalam hati seumpama ini:
Ya Allah! Ampunilah aku. Sesungguhnya hanya
Engkau yang Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang. Hanya kasih-Mu yang abadi dan
hanya hidup di sisi-Mu sahaja yang berkekalan.
Selamatkanlah aku daripada tipu daya yang
mengasyikkan.
Sesungguhnya apa juga lintasan hati dan luahan
rasa yang tercetus daripada kita bergantung
kepada cara hati kita berhubung dengan Allah.
Semakin kita kenali keluhuran cinta kepada Allah,
maka bertambah erat pergantungan hati kita
kepada Allah serta melahirkan keyakinan cinta dan
kasih yang sentiasa subur.
Lanjutan itu jiwa kita tidak mudah berasa kecewa
dengan gelagat sesama insan yang pelbagai
ragam. Keadaan begini sebenarnya terlebih
dahulu perlu dipupuk dengan melihat serta
merenungi alam yang terbentang luas ini sebagai
anugerah besar daripada Allah untuk maslahat
kehidupan manusia. Kemudian cubalah hitung
betapa banyaknya nikmat Allah kepada kita.
Dengan itu kita akan sedar bahawa kita
sebenarnya hanya bergantung kepada Allah.
Bermula dari sini kita akan mampu membina
perasaan cinta terhadap Allah yang kemudian
mesti diperkukuhkan dengan mencintai titah
perintah Allah. Mudah-mudahan nanti kita juga
akan menjadi perindu cinta Allah yang kekal
abadi.
Kisah-Kisah Rabi’ah al-Adawiyyah
Pada suatu hari seorang lelaki datang kepada
Rabiah dan bertanya, “Sayaini telah banyak
melakukan dosa. Maksiat saya bertimbun
melebihi gunung-gunung. Andaikata saya
bertobat, apakah Allah akan menerima tobat
saya?” “Tidak,” jawab Rabi’ah dengan suara tegas.
Pada kali yang lain seorang lelaki datang pula
kepadanya. Lelaki itu berkata,“Seandainya tiap
butir pasir itu adalah dosa, maka seluas gurunlah
tebaran dosa saya. Maksiat apa saja telah saya
lakukan, baik yang kecil maupun yang besar.
Tetapi sekarang saya sudah menjalani tobat.
Apakah Tuhan menerima tobat saya?” “Pasti,”
jawab Rabiah tak kalah tegas. Lalu ia menjelaskan,
“Kalau Tuhan tidak berkenan menerima tobat
seorang hamba, apakah mungkin hamba itu
tergerak menjalani tobat? Untuk berhenti dari
dosa, jangan simpan kata “akan” atau “andaikata”
sebab hal itu akan merusak ketulusan niatmu.”
Memang ucapan sufi perempuan itu seringkali
menyakitkan telinga bagimereka yang tidak
memahami jalan pikirannya. Ia seorang mistisi
yang sangat tinggi derajatnya dan tergolong
kelompok sufi periode awal. Ia memperkaya
literatur Islam dengan kisah-kisah pengalaman
mistiknya dalam sajak-sajak berkualitas tinggi.
Sesungguhnya ia lebih dikenal sebagai seorang
pendiri ‘agama cinta’(mahabbah) dan ia pun
dikenang sebagai ‘ibu para Sufi besar’ (The Mother
of the Grand Master). Siapa sebenarnya ia yang
kepergiannya dielu-elukan kaum ‘suci’ itu? Tiada
lain ia adalah tokoh wanita bernama Rabiah Basri
atau lebih dikenal sebagai Rabiah Al Adawiyah
AlBashriyah, lahir pada tahun 713 M di Basrah
(Irak), dari keluarga yang hina dina.
Sebagai anak keempat. Itu sebabnya ia diberi
nama Rabiah. Bayi itu dilahirkan ketika orang
tuanya hidup sangat sengsara meskipun waktu
itukota Bashrah bergelimang dengan kekayaan
dan kemewahan. Tidak seorangpun yang berada
di samping ibunya, apalagi menolongnya, karena
ayahnya,Ismail, tengah berusaha meminta
bantuan kepada para tetangganya.
Namun, karena saat itu sudah jauh malam, tidak
seorang pun dari mereka yang terjaga. Dengan
lunglai Ismail pulang tanpa hasil, padahal ia hanya
ingin meminjam lampu atau minyak tanah untuk
menerangi istrinya yang akan melahirkan.
Dengan perasaan putus asa Ismail masuk ke
dalam biliknya. Tiba-tiba matanya terbelak
gembira menyaksikan apa yang terjadi di bilik itu.
Seberkas cahaya memancar dari bayi yang baru
saja dilahirkan tanpa bantuan siapa-siapa. “Ya
Allah,” seru Ismail, “anakku, Rabiah, telah datang
membawa sinar yang akan menerangi alam di
sekitarnya.” Lalu Ismail menggumam, “Amin.”
Tetapi berkas cahaya yang membungkus bayi
kecil itu tidak membuat keluarganya terlepas dari
belitan kemiskinan.Ismail tetap tidak punya apa-
apa kecuali tiga kerat roti untuk istrinya yang
masih lemah itu. Ia lantas bersujud dalam salat
tahajud yang panjang, menyerahkan nasib
dirinya dan seluruh keluarganya kepada Yang
Menciptakan Kehidupan.
Sekonyong-konyong ia seolah berada dalam
lautan mimpi manakala gumpalan cahaya yang
lebih benderang muncul di depannya, dan setelah
itu Rasul hadir bagaikan masih segar-bugar.
Kepada Ismail, Rasulullah bersabda,“Jangan
bersedih, orang salih. Anakmu kelak akan dicari
syafaatnya oleh orang-orang mulia. Pergilah
kamu kepada penguasa kota Bashrah, dan
katakan kepadanya bahwa pada malam Jumat
yang lalu ia tidak melakukan salat sunnah seperti
biasanya. Katakan, sebagai kifarat atas
kelalaiannya itu, ia harus membayar satu dinar
untuk satu rakaat yang ditinggalkannya.
Ketika Ismail mengerjakan seperti yang
diperintahkan Rasulullah dalam mimpinya, Isa
Zadan, penguasa kota Bashrah itu, terperanjat. Ia
memang biasa mengerjakan salat sunnah 100
rakaat tiap malam, sedangkan saban malam
Jumat ia selalu mengerjakan 400 rakaat. Oleh
karena itu, kepada Ismail diserahkannya uang
sebanyak 400 dinar sesuai dengan jumlah rakaat
yang ditinggalkannya pada malam Jumat yang
silam. Itulah sebagian dari tanda-tanda karamah
Rabiah al-Adawiyah, seorang sufi perempuan dari
kota Bashrah, yang di hatinya hanya tersedia cinta
kepada Tuhan. Begitu agungnya cinta itu bertaut
antara hamba dan penciptanya sampai ia tidak
punya waktu untuk membenci atau
mencintai,untuk berduka atau bersuka cita selain
dengan Allah.
Ismail dan istrinya meninggal ketika Rabiah masih
kecil. Begitu pula ketiga kakak Rabiah, meninggal
ketika wabah kelaparan melanda kota Basrah.
Dalam kesendirian itu, akhirnya Rabiah jatuh ke
tangan orang yang kejam, yang lalu menjualnya
sebagai budak belian dengan harga sangat
murah. Majikan barunya pun tak kalah bengisnya
dibandingkan dengan majikan sebelumnya.
Setelah bebas, Rabiah pergi ke tempat tempat
sunyi untuk menjalani hidup dengan bermeditasi,
dan akhirnya sampailah ia di sebuah gubuk dekat
Basrah. Di sini ia hidup bertapa. Sebuah tikar
butut, sebuah kendil dari tanah, dan sebuah batu
bata, adalah harta yang ia punyai dan teman
dalam menjalani hidup kepertapaan.
Praktis sejak saat itu, seluruh hidupnya hanya ia
abdikan pada Allah SWT. Berdoa dan berzikir
adalah hiasan hidupnya. Saking sibuknya
mengurus ‘akhirat’, ia lalai dengan urusan
duniawi, termasuk membangun rumah tangga.
Meski banyak pinangan datang, termasuk dari
gubernur Basrah dan seorang suci mistis
terkenal, Hasan Basri, Rabiah tetap tak tertarik
untuk mengakhiri masa lajangnya. Hal ini ia jalani
hingga akhir hayatnya, pada tahun 801 M.
Dalam perjalanan kesufian Rabiah, kesendirian,
kesunyian, kesakitan,hingga penderitaan tampak
lumer jadi satu; ritme heroik menuju cinta kepada
Sang Ada (The Ultimate Being). Tak heran jika ia
‘merendahkan manusia’ dan mengabdi pada
dorongan untuk meraih kesempurnaan tertinggi.
Ia jelajahi ranah mistik, yang jadi wilayah dalam
dari agama, hingga mendapatkan eloknya cinta
yang tidak dialami oleh kaum Muslim formal.
Menjadi Sufi dalam perjalanan Rabiah adalah
“berlalu dari sekadar Ada menjadi benar benar
Ada”. Sufisme Rabiah merupakan pilihan dari
jebakan-jebakan ciptaan yang tak berguna.
Karena demikian mendalam cintanya kepada
Allah, Rabiah sampai tidak menyisakan sejengkal
pun rasa cintanya untuk manusia. Sufyan Tsauri,
seorang Sufi yang hidup semasa dengannya,
sempat terheran-heran dengan sikap Rabiah.
Pasalnya,Sufyan pernah melihat bagaimana
Rabiah menolak cinta seorang pangeran yang
kaya raya demi cintanya kepada Allah. Dia tidak
tergoda dengankenikmatan duniawi, apalagi
harta.
Cinta Rabiah tak dapat disebut sebagai cinta yang
mengharap balasan.Justru, yang dia tempuh
adalah perjalanan mencapai ketulusan. Sesuatu
yang dianggap sebagai ladang subur bagi
pemuas rasa cintanya yang luas,dan sering tak
terkendali tersebut. Lewat sebuah doa yang mirip
syair,ia berujar, “Jika aku menyembah-Mu karena
takut pada api neraka maka masukkan aku di
dalamnya! Dan jika aku menyembah-Mu karena
tamak kepada surga-Mu, maka haramkanlah aku
daripadanya! Tetapi jika aku menyembah-Mu
karena kecintaanku kepada-Mu, maka berikanlah
aku balasan yang besar, berilah aku kesempatan
untuk melihat wajah-Mu yang MahaBesar dan
Maha Mulia itu.”
Perjalanan hidup Rabiah diwarnai dengan
kekaribannya dengan situasi yang penuh
keterbatasan; tinggal bersama kedua orang tua
dan saudara saudaranya, dijual sebagai budak,
menghamba pada tuannya hingga dibebaskan
dari perbudakan, lalu hidup mengembara.
Periode pertama ini dikenal sebagai periode
asketik Rabiah.
Fariduddin al-Attar menceritakan dalam kitab Taz-
kiratul Auliya bahwa Rabiah pandai sekali meniup
seruling. Untuk jangka waktu tertentu ia
menopang hidupnya dengan bermain musik.
Namun, kemudian ia memanfaatkan
kepandaiannya untuk mengiringi para sufi yang
sedang berzikir dalam upayanya untuk
mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain itu ia
mengunjungi masjid-masjid, dari pagi sampai
larut malam. Namun, lantaran ia merasa dengan
cara itu Tuhan tidak makin menghampirinya,
maka ditinggalkannya semua itu.
Ia tidak lagi meniup seruling, dan ia tidak lagi
mendatangi masjid-masjid. Ia menghabiskan
waktu dengan beribadah dan berzikir.Periode
yang kedua ini disebut sebagai periode Sufi, suatu
periode tatkala Rabiah telah mencapai
mahabbattullah (cinta pada Allah) sampai
meninggal dan dipuji sebagai Testimony of Belief
(Bukti Keimanan).
Doris Lessing, seorang pengamat perjalanan
hidup Rabiah, memberi kesimpulan bahwa
sufisme tokoh wanita ini adalah bentuk sufisme
cinta.Sejenis sufisme yang menempatkan cinta
(mahabbah) sebagai panggilan jiwanya. Sufisme
yang tak bermaksud larut dalam ekstatik (gairah
yang meluap) serta tak berdimensi pemujaan
atau pemuliaan dan metode-metode tambahan
yang penuh dengan sakramen.
Kendati demikian, pengalaman Rabiah adalah
pengalaman orang suci yang sulit ditiru oleh
awam. Memahami Rabiah sangat sulit. Seperti
masa hidupnya, Rabiah tampaknya jauh dari kita.
Selain itu, kesempurnaan yang menyertainya tak
mungkin dapat ditandingi oleh orang-orang biasa.
Apa yang dilakukan Rabiah dalam hidupnya
sebetulnya adalah ikhtiar untuk membiasakan diri
‘bertemu’ dengan pencipta-Nya. Di situlah ia
memperoleh kehangatan, kesyahduan, kepastian,
dan kesejatian hidup. Sesuatu yang kini sangat
dirindukan oleh manusia modern. Karena itu,
menjadi pemuja Tuhan adalah obsesi Rabiah
yang tidak pernah mengenal tepi dan batas. Tak
heran jika dunia yang digaulinya bebas dari
perasaan benci. Seluruhnya telah diberikan untuk
sebuah cinta.
Menarik kita simak beberapa doa Rabiah yang
dipanjatkan pada waktu larut malam, di atas atap
rumahnya: “O Tuhanku, bintang-bintang bersinar
gemerlapan, manusia telah tidur nyenyak, dan
raja-raja telah menutup pintunya, tiap orang yang
bercinta sedang asyik masyuk dengan
kesayangannya, dan di sinilah aku sendirian
bersama Engkau.”
Jika fajar telah merekah dan serat-serat cahaya
menebari cakrawala,Rabiah pun berdoa dengan
khusyuk, “Ya, illahi. Malam telah berlalu, dan siang
menjelang datang. Aduhai, seandainya malam
tidak pernah berakhir,alangkah bahagianya hatiku
sebab aku dapat selalu bermesra-mesra dengan-
Mu. illahi, demi kemuliaan-Mu, walaupun Kau
tolak aku mengetuk pintu-Mu, aku akan
senantiasa menanti di depan pintu karena cintaku
telah terikat dengan-Mu.”
Lantas, jika Rabiah membuka jendela kamarnya,
dan alam lepas terbentang di depan matanya, ia
pun segera berbisik, “Tuhanku. Ketika kudengar
margasatwa berkicau dan burung-burung
mengepakkan sayapnya, pada hakikatnya mereka
sedang memuji-Mu. Pada waktu kudengar
desauan angin dan gemericik air di pegunungan,
bahkan manakala guntur menggelegar,semuanya
kulihat sedang menjadi saksi atas keesaan-Mu.
Tentang masa depannya ia pernah ditanya oleh
Sufyan Tsauri: “Apakah engkau akan menikah
kelak?” Rabiah mengelak, “Pernikahan merupakan
kewajiban bagi mereka yang mempunyai pilihan.
Padahal aku tidak mempunyai pilihan kecuali
mengabdi kepada Allah.” “Bagaimanakah jalannya
sampai engkau mencapai martabat itu?” “Karena
telah kuberikan seluruh hidupku,” ujar Rabiah.
“Mengapa bisa kau lakukan itu, sedangkan kami
tidak?” Dengan tulus Rabiah menjawab, “Sebab
aku tidak mampu menciptakan keserasian antara
perkawinan dan cinta kepada Tuhan.”
Ada suatu cerita ketika Rabiah al-Adawiyah makan
bersama dengan keluarganya. Sebelum
menyantap hidangan makanan yang tersedia,
Rabi’ah memandang ayahnya seraya berkata,
“Ayah, yang haram selamanya tak akan menjadi
halal. Apalagi karena ayah merasa berkewajiban
memberi nafkah kepada kami.” Ayah dan ibunya
terperanjat mendengar kata-kata Rabi’ah.Makanan
yang sudah di mulut akhirnya tak jadi dimakan. Ia
pandang Rabi’ah dengan pancaran sinar mata
yang lembut, penuh kasih. Sambil tersenyum, si
ayah lalu berkata, “Rabi’ah, bagaimana
pendapatmu, jika tidak ada lagi yang bisa kita
peroleh kecuali barang yang haram?”Rabi’ah
menjawab: “Biar saja kita menahan lapar di dunia,
ini lebih baik daripada kita menahannya kelak di
akhirat dalam api neraka.”Ayahnya tentu saja
sangat heran mendengar jawaban Rabi’ah, karena
jawaban seperti itu hanya didengarnya di majelis-
majelis yang dihadiri oleh para sufi atau orang-
orang saleh. Tidak terpikir oleh ayahnya,bahwa
Rabi’ah yang masih muda itu telah
memperlihatkan kematangan pikiran dan memiliki
akhlak yang tinggi (Abdul Mu’in Qandil).
Penggalan kisah di atas sebenarnya hanya
sebagian saja dari kemuliaan akhlak Rabi’ah al-
Adawiyah, seorang sufi wanita yang nama dan
ajaran-ajarannya telah memberi inspirasi bagi
para pecinta Ilahi.Rabi’ah adalah seorang sufi
legendaries. Sejarah hidupnya banyak diungkap
oleh berbagai kalangan, baik di dunia sufi maupun
akademisi. Rabi’ah adalah sufi pertama yang
memperkenalkan ajaran Mahabbah (Cinta)Ilahi,
sebuah jenjang (maqam) atau tingkatan yang
dilalui oleh seorang salik (penempuh jalan Ilahi).
Selain Rabi’ah al-Adawiyah, sufi lain yang
memperkenalkan ajaran mahabbah adalah
Maulana Jalaluddin Rumi, sufi penyair yang lahir di
Persia tahun 604 H/1207 M dan wafat tahun672
H/1273 M. Jalaluddin Rumi banyak mengenalkan
konsep Mahabbah melalui syai’ir-sya’irnya,
terutama dalam Matsnawi dan Diwan-i Syam-
ITabriz.
Sepanjang sejarahnya, konsep Cinta Ilahi
(Mahabbatullah) yang diperkenalkan Rabi’ah ini
telah banyak dibahas oleh berbagai
kalangan.Sebab, konsep dan ajaran Cinta Rabi’ah
memiliki makna dan hakikat yang terdalam dari
sekadar Cinta itu sendiri. Bahkan, menurut kaum
sufi,Mahabbatullah tak lain adalah sebuah maqam
(stasiun, atau jenjang yang harus dilalui oleh para
penempuh jalan Ilahi untuk mencapai ridla Allah
dalam beribadah) bahkan puncak dari semua
maqam. Hujjatul Islam Imam al-Ghazali misalnya
mengatakan, “Setelah Mahabbatullah, tidak ada
lagi maqam, kecuali hanya merupakan buah dari
padanya serta mengikuti darinya, seperti rindu
(syauq), intim (uns), dan kepuasan hati(ridla)”.
Rabi’ah telah mencapai puncak dari maqam itu,
yakni Mahabbahtullah.Untuk menjelaskan
bagaimana Cinta Rabi’ah kepada Allah, tampaknya
agak sulit untuk didefinisikan dengan kata-kata.
Dengan kata lain, CintaIlahi bukanlah hal yang
dapat dielaborasi secara pasti, baik melalui kata-
kata maupun simbol-simbol. Para sufi sendiri
berbeda-beda pendapatuntuk mendefinisikan
Cinta Ilahi ini. Sebab, pendefinisian Cinta Ilahilebih
didasarkan kepada perbedaan pengalaman
spiritual yang dialami oleh para sufi dalam
menempuh perjalanan ruhaninya kepada Sang
Khalik.Cinta Rabi’ah adalah Cinta spiritual (Cinta
qudus), bukan Cinta al-hubbal-hawa (cinta nafsu)
atau Cinta yang lain. Ibnu Qayyim al-Jauziyah
(691-751 H) membagi Cinta menjadi empat
bagian.
Pertama, mencintai Allah. Dengan mencintai Allah
seseorang belum tentu selamat dari azab Allah,
atau mendapatkan pahala-Nya, karena orang-
orang musyrik, penyembah salib, Yahudi, dan
lain-lain juga mencintai Allah.
Kedua, mencintai apa-apa yang dicintai Allah.
Cinta inilah yang dapat menggolongkan orang
yang telah masuk Islam dan mengeluarkannya
dari kekafiran. Manusia yang paling Cintai adalah
yang paling kuat dengancinta ini.
Ketiga, Cinta untuk Allah dan kepada Allah. Cinta
ini termasuk perkembangan dari mencintai apa-
apa yang dicintai Allah.
Keempat, Cinta bersama Allah. Cinta jenis ini
syirik. Setiap orang mencintai sesuatu bersama
Allah dan bukan untuk Allah, maka
sesungguhnya dia telah menjadikan sesuatu
selain Allah. Inilah cinta orang-orang musyrik.
Pokok ibadah, menurut Ibnu Qayyim, adalah
Cinta kepada Allah, bahkan mengkhususkan
hanya Cinta kepada Allah semata. Jadi, hendaklah
semua Cinta itu hanya kepada Allah, tidak
mencintai yang lain bersamaan mencintai-Nya. Ia
mencintai sesuatu itu hanyalah karena Allah dan
berada di jalan Allah.
Cinta sejati adalah bila mana seluruh dirimu akan
kau serahkan untukmu Kekasih (Allah), hingga
tidak tersisa sama sekali untukmu (lantaran
seluruhnya sudah engkau berikan kepada Allah)
dan hendaklah engkau cemburu (ghirah), bila ada
orang yang mencintai Kekasihmu melebihi
Cintamu kepada-Nya. Sebuah sya’ir mengatakan:
Aku cemburu kepada-Nya,
Karena aku Cinta kepada-Nya,
Setelah itu aku teringat akan kadar Cintaku,
Akhirnya aku dapat mengendalikan cemburuku
Oleh karena itu, setiap Cinta yang bukan karena
Allah adalah bathil.Dan setiap amalan yang tidak
dimaksudkan karena Allah adalah bathil pula.
Maka dunia itu terkutuk dan apa yang ada di
dalamnya juga terkutuk, kecuali untuk Allah dan
Rasul-Nya
Rabi’ah berarti empat, karena dia adalah anak
keempat dari empat saudara. Semuanya
perempuan. Pernah suatu ketika ayahnya berdoa
agar ia dikaruniai anak laki-laki. hal ini disebabkan
karena keluarga Rabi’ah bukanlah termasuk
keluarga yang serba kekurangan dan penuh
penderitaan. Apalagi dengan kelahiran seorang
perempuan Rabi’ah, beban penderitaan ayahnya
pun dirasakan semakin bertambah berat,
sehingga bila kelak dikaruniai anak laki-laki,
diharapkan beban penderitaan itu akan berkurang
karena anak laki-laki bisa melindungi seluruh
keluarganya.Atau paling tidak bisa membantu
ayahnya untuk mencari penghidupan.
Semasa hidupnya ayah Rabi’ah selalu hidup
zuhud dan penuh kesalehan. Begitu pun Rabi’ah,
yang meskipun sejak kecil hingga dewasanya
hidup serba kekurangan, namun ia sama sekali
tidak menciutkan hatinya untuk terus beribadah
kepada Allah. Sebaliknya, kepapaan keluarganya ia
jadikan sebagai kunci untuk memasuki dunia sufi,
yang kemudian melegendakan namanya sebagai
salah seorang martir sufi wanita di antara deretan
sejarah para sufi.
Rabi’ah memang tidak mewarisi karya-karya
sufistik, termasuksya’ir-sya’ir Cinta Ilahinya yang
kerap ia senandungkan. Namun begitu,Sya’ir-
sya’ir sufistiknya justru banyak dikutip oleh para
penulis biografi Rabi’ah, antara lain J. Shibt Ibnul
Jauzi (w. 1257 M) dengankaryanya Mir’at az-
Zaman (Cermin Abad Ini), Ibnu Khallikan (w. 1282
M)dengan karyanya Wafayatul A’yan (Obituari
Para Orang Besar), Yafi’Iasy-Syafi’i (w. 1367 M)
dengan karyanya Raudl ar-Riyahin fi Hikayatash-
Shalihin (Kebun Semerbak dalam Kehidupan Para
Orang Saleh), dan Fariduddin Aththar (w. 1230 M)
dengan karyanya Tadzkirat al-Auliya’(Memoar
Para Wali).
Dari sekian banyak penulis biografi Rabi’ah,
Tadzkirat al-Awliya’ karya Fariduddin Aththar
tampaknya dianggap sebagai buku biografi yang
paling mendekati kehidupan Rabi’ah, terutama
ketika awal-awal Rabi’ah akan lahir di tengah
keluarga yang sangat miskin itu (tapi ada yang
menyebutkan bahwa keluarga Rabi’ah
sebenarnya termasuk keturunan bangsawan).
Riwayat Aththar, yang dikutip Margaret Smith
dalam bukunya Rabi’a the Mystic & Her Fellow-
Saints in Islam (sebuah disertasi,terbitan
Cambridge University Press, London, 192cool,
antara lain banyak mengungkap sisi-sisi
kehidupan Rabi’ah sejak kecil hingga dewasanya.
Aththar menceritakan mengenai nasib malang
yang menimpa keluarga Rabi’ah. Saat Rabi’ah
menginjak dewasa, ayah dan ibunya kemudian
meninggal dunia. Jadilah kini ia sebagai anak
yatim piatu. Penderitaan Rabi’ah terus bertambah,
terutama setelah kota Basrah dilanda kelaparan
hebat. Rabi’ah dan suadara-saudaranya terpaksa
harus berpencar,sehingga ia harus menanggung
beban penderitaan itu sendirian.
Suatu hari, ketika sedang berjalan-jalan di kota
Basrah, ia berjumpa dengan seorang laki-laki
yang memiliki niat buruk. Laki-laki itu lalu menarik
Rabi’ah dan menjualnya sebagai seorang budak
seharga enam dirham kepada seorang laki-laki.
Dalam statusnya sebagai budak, Rabi’ah benar-
benar diperlakukan kurang manusiawi. Siang
malam tenaga Rabi’ah diperas tanpa mengenal
istirahat. Suatu ketika, ada seorang laki-laki asing
yang datang dan melihat Rabi’ah tanpa
mengenakan cadar. Ketika laki-laki itu
mendekatinya, Rabi’ah lalu meronta dan
kemudian jatuh terpeleset. Mukanya tersungkur di
pasir panas dan berkata: “Ya Allah,aku adalah
seorang musafir tanpa ayah dan ibu, seorang
yatim piatu dan seorang budak. Aku telah terjatuh
dan terluka, meskipun demikian aku tidak
bersedih hati oleh kejadian ini, hanya aku ingin
sekali ridha-Mu.Aku ingin sekali mengetahui
apakah Engkau Ridha terhadapku atau
tidak.”Setelah itu, ia mendengar suara yang
mengatakan, “Janganlah bersedih,sebab pada saat
Hari Perhitungan nanti derajatmu akan sama
dengan orang-orang yang terdekat dengan Allah
di dalam surga.”
Setelah itu, Rabi’ah kembali pulang pada tuannya
dan tetap menjalankan ibadah puasa sambil
melakukan pekerjaannya sehari-hari. Konon,
dalam menjalankan ibadah itu, ia sanggup berdiri
di atas kakinya hingga siang hari.
Pada suatu malam, tuannya sempat terbangun
dari tidurnya dan dari jendela kamarnya ia melihat
Rabi’ah sedang sujud beribadah. Dalam shalatnya
Rabi’ah berdoa, “Ya Allah, ya Tuhanku, Engkau-
lah Yang Maha Mengetahui keinginan dalam hatiku
untuk selalu menuruti perintah-perintah-Mu. Jika
persoalannya hanyalah terletak padaku, makaaku
tidak akan henti-hentinya barang satu jam pun
untuk beribadah kepada-Mu, ya Allah. Karena
Engkau-lah yang telah menciptakanku.”Tatkala
Rabi’ah masih khusyuk beribadah, tuannya
tampak melihat ada sebuah lentera yang
tergantung di atas kepala Rabi’ah tanpa ada sehelai
tali pun yang mengikatnya. Lentera yang
menyinari seluruh rumah itu merupakan cahaya
“sakinah” (diambil dari bahasa Hebrew
“Shekina”,artinya cahaya Rahmat Tuhan) dari
seorang Muslimah suci.
Melihat peristiwa aneh yang terjadi pada
budaknya itu, majikan Rabi’ah tentu saja merasa
ketakutan. Ia kemudian bangkit dan kembali ke
tempat tidurnya semula. Sejenak ia tercenung
hingga fajar menyingsing. Taklama setelah itu ia
memanggil Rabi’ah dan bicara kepadanya dengan
baik-baik seraya membebaskan Rabi’ah sebagai
budak. Rabi’ah pun pamitan pergi dan
meneruskan pengembaraannya di padang pasir
yang tandus.
Dalam pengembaraannya Rabi’ah berkeinginan
sekali untuk pergi ke Mekkah menunaikan ibadah
haji. Akhirnya, ia berangkat juga dengan ditemani
seekor keledai sebagai pengangkut barang-
barangnya. Sayangnya, belum lagi perjalanan ke
Mekkah sampai, keledai itu tiba-tiba mati di tengah
jalan. Ia kemudian berjumpa dengan
serombongan kafilah dan mereka menawarkan
kepada Rabi’ah untuk membawakan barang-
barang miliknya.Namun, tawaran itu ditolaknya
baik-baik dengan alasan tak ingin meminta
bantuan kepada bukan selain Tuhannya. Ia hanya
percaya pada bantuan Allah dan tidak percaya
pada makhluk ciptaan-Nya.
Orang-orang itu pun memahami keinginan
Rabi’ah, sehingga mereka meneruskan
perjalanannya. Rabi’ah terdiam dan kemudian
menundukkan kepalanya sambil berdoa, “Ya
Allah, apalagi yang akan Engkau lakukan dengan
seorang perempuan asing dan lemah ini? Engkau-
lah yang memanggilku ke rumah-Mu (Ka’bah),
tetapi di tengah jalan Engkau mengambil keledaiku
dan membiarkan aku seorang diri di tengah
padangpasir ini.”
Setelah asyik bermunajat, di depan Rabi’ah
tampak keledai yang semula mati itu pun hidup
kembali. Rabi’ah tentu saja gembira karena bisa
meneruskan perjalannya ke Mekkah.
Dalam cerita yang berbeda disebutkan, saat
Rabi’ah berada di tengah padang pasir, ia berdoa,
“Ya Allah, ya Tuhanku. Hatiku ini merasa bingung
sekali, ke mana aku harus pergi? Aku hanyalah
debu di atas bumi ini dan rumah itu (Ka’bah)
hanyalah sebuah batu bagiku. Tampakkanlah
wajah-Mu di tempat yang mulia ini.” Bgeitu ia
berdoa sehingga muncul suara Allah dan
langsung masuk ke dalam hatinya tanpa ada
jarak, “Wahai Rabi’ah, ketika Musa ingin sekali
melihat wajah-Ku, Aku hancurkan Gunung Sinai
dan terpecah menjadi empat puluh potong.
Tetaplah beradadi situ dengan Nama-Ku.”
Diceritakan pula, saat Rabi’ah dalam perjalanannya
ke Mekkah, tiba-tiba ditengah ia melihat Ka’bah
datang menghampiri dirinya. Rabi’ah lalu berkata,
“Tuhanlah yang aku rindukan, apakah artinya
rumah ini bagiku?Aku ingin sekali bertemu
dengan-Nya yang mengatakan, ‘Barang siapa
yang mendekati Aku dengan jarak sehasta, maka
Aku akan berada sedekat urat nadinya.’ Ka’bah
yang aku lihat ini tidak memiliki kekuatan apa pun
terhadap diriku, kegembiraan apa yang aku
dapatkan apabila Ka’bah yang indah ini
dihadapkan pada diriku?” Singkat cerita,
sekembalinya Rabi’ah dari menunaikan ibadah haji
di Mekkah, ia kemudian menetap di Basrah dan
mengabdikan seluruh hidupnya untuk beribadah
kepada Allah seraya melakukan perbuatan-
perbuatan mulia.
Sebagaimana yang banyak ditulis dalam biografi
Rabi’ah al-Adawiyah,wanita suci ini sama sekali
tidak memikirkan dirinya untuk menikah.Sebab,
menurut Rabi’ah, jalan tidak menikah merupakan
tindakan yang tepat untuk melakukan pencarian
Tuhan tanpa harus dibebani oleh urusan-urusan
keduniawian. Padahal, tidak sedikit laki-laki yang
berupaya untuk mendekati Rabi’ah dan bahkan
meminangnya. Di antaranya adalah Abdul Wahid
bin Zayd, seorang sufi yang zuhud dan wara. Ia
juga seorang teolog dan termasuk salah seorang
ulama terkemuka di kota Basrah.
Suatu ketika, Abdul Wahid bin Zayd sempat
mencoba meminang Rabi’ah.Tapi lamaran itu
ditolaknya dengan mengatakan, “Wahai laki-laki
sensual, carilah perempuan sensual lain yang
sama dengan mereka. Apakah engkau melihat
adanya satu tanda sensual dalam diriku?”
Laki-laki lain yang pernah mengajukan lamaran
kepada Rabi’ah adalah Muhammad bin Sulaiman
al-Hasyimi, seorang Amir Abbasiyah dari Basrah
(w. 172 H). Untuk berusaha mendapatkan Rabi’ah
sebagai istrinya,laki-laki itu sanggup memberikan
mahar perkawinan sebesar 100 ribu dinar dan
juga memberitahukan kepada Rabi’ah bahwa ia
masih memiliki pendapatan sebanyak 10 ribu
dinar tiap bulan. Tetapi dijawab oleh Rabi’ah, ”Aku
sungguh tidak merasa senang bahwa engkau
akan menjadi budakku dan semua milikmu akan
engkau berikan kepadaku, atau engkau akan
menarikku dari Allah meskipun hanya untuk
beberapa saat.”
Dalam kisah lain disebutkan, ada laki-laki sahabat
Rabi’ah bernama Hasan al-Bashri yang juga
berniat sama untuk menikahi Rabi’ah. Bahkan
para sahabat sufi lain di kota itu mendesak Rabi’ah
untuk menikah dengan sesama sufi pula. Karena
desakan itu, Rabi’ah lalu mengatakan,“Baiklah, aku
akan menikah dengan seseorang yang paling
pintar diantara kalian.” Mereka mengatakan Hasan
al-Bashri lah orangnya.”Rabi’ah kemudian
mengatakan kepada Hasan al-Bashri, “Jika engkau
dapat menjawab empat pertanyaanku, aku pun
akan bersedia menjadi istrimu.”Hasan al-Bashri
berkata, “Bertanyalah, dan jika Allah
mengizinkanku, aku akan menjawab
pertanyaanmu.”
“Pertanyaan pertama,” kata Rabi’ah, “Apakah
yang akan dikatakan oleh Hakim dunia ini saat
kematianku nanti, akankah aku mati dalam Islam
atau murtad?” Hasan menjawab, “Hanya Allah

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s