>Biografi Imam Al Ghazali

>Biografi Imam Al Ghazali

>A. Masa Hidup Imam Al- Ghazali
1. Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid
Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali, yang terkenal dengan
hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang besar di
dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran
rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan
dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus
wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat
ilmu pengetahuan di dunia islam.
Beliau dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya
adalah seorang pengrajin wol sekaligus sebagai pedagang hasil
tenunannya, dan taat beragama, mempunyai semangat
keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya kepada
‘ulama dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu
memberi nasehat kepada umat.
Itulah sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya
(imam al-Ghazali) dan saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil
dititipkan pada teman ayahnya, seorang ahli tasawuf untuk
mendapatkan bimbingan dan didikan.
Meskipun dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana
tidak menjadikan beliau merasa rendah atau malas, justru beliau
semangat dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan,
dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan
seorang sufi. Dan diperkirakan imam Ghazali hidup dalam
kesederhanaan sebagai seorang sufi sampai usia 15 tahun
(450-456)
2. Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah
kelahirannya. Kepada ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-
dasar ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan di Thus dengan
mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau belajar pada
teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu
lagi memenuhi kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka
masuk ke sekolah untuk memperoleh selain ilmu pengetahuan.
Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah
nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin
Abdullah Al Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al
Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah
Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu
Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam
al-Ghazli (ushul al din) ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf
Santunan kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk
belajar fiqh pada imam Kharamain, beliau dalam belajar
bersungguh-sungguh sampai mahir dalam madzhab, khilaf
(perbedaan pendapat), perdebatan, mantik, membaca hikmah,
dan falsafah, imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang
luas.
Setelah imam kharamain wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad
dan mengajar di Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab
kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al- khulashoh. Dalam ushul
fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab al- mankhul,
bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani masa
ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-
ilmu dasar yang lain dari Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari
Abu Nasral Ismailli di Jurjan. Setelah imam al-Ghazali kembali ke
Thus, dan selama 3 tahun di tempat kelahirannya, beliau mengaji
ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawuf kekpada Yusuf Al
Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan
dengan al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq.
Menurut Abdul Ghofur itu Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali
menjadi pembahas paling pintar di zamanya. Imam Haramain
merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau tetap
setia terhadap gurunya sampai dengan wafatnya pada tahun 478
H. sebelum al Juwani wafat, beliau memperkenalkan imam al
Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana mentri sultan Saljuk
Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah al nidzhamiyah. Di
Naisabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu
Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).
Setelah gurunya wafat, al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju
negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham al Mulk. Di daerah
ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat dengan ‘ulama.
Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya semakin populer
dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M,
imam al Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah
Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam bukunya al mungkiz min
dahalal. Selama megajar di madrasah dengan tekunnya imam al
Ghozali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al
Farabi, Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan Al Shafa. Penguasaanya
terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti al maqasid
falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan
(skeptis) terhadap ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi
dan filsafat). Keraguan pekerjaanya dan karya-karya yang
dihasilkannya, sehingga beliau menderita penyakit selama dua
bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al Ghazali tidak dapat
menjalankan tugasnya sebagai guru besar di madrasah
nidzhamiyah, yang akhirnya beliau meninggalkan Baghdad
menuju kota Damaskus, selam kira-kira dua tahun imam al
Ghazali di kota Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan
mujahadah. Kemudian beliau pihdah ke Bait al Maqdis Palestina
untuk melakukan ibadah serupa. Sektelah itu tergerak hatinya
untuk menunaikan ibadah haji dan menziarohi maqom Rosulullah
Saw.
Sepulang dari tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota
kelahirannya di Thus, disinilah beliau tetap berkhalwat dalam
keadaan skeptis sampai berlangsung selama 10 tahun. Pada
periode itulah beliau menulis karyanya yang terkenal ” ihya’
‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan
kembali ilmu agama).
Karena disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di
Naisabur tetapi berselang selam dua tahun. Kemudian beliau
madrasah bagi para fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh untuk
para mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau wafat pada tahun 505
H / 1 desember 1111 M.
Abul Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat
mengatakn, Ahmad saudaranya imam al Ghazali berkata pada
waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu dan melakukan sholat,
kemudian beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku kemudian ia
mengambil dan menciumnya lalu meletakkan diatas kedua
matanya, beliau berkata ” Aku mendengar dan taat untuk
menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya dan
menghadap kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu
meninggal dunia menjelang matahari terbit di kota kelahirannya
(Thus) pada hari senin 14 Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al
Ghazali dimakamkan di Zhahir al Tabiran, ibu kota Thus.
B. Guru dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai
banyak guru, diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai
berikut :
1. Abu Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar
imam Al Ghozali dengan kitab shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali
dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar
imam Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali
dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya
mengajar dalam bidang tasawuf saja, akan tetapi beliau juga
mempunyai guru-guru dalam bidang lainnya, bahkan kebanyakan
guru-guru beliau dalam bidang hadist.
C. Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau
mengajar di madrasah nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-
murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513
H).
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518
H), semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau
belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara
karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H),
beliau mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam
Ghazali. Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam
Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad
Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau
belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar
di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al
Anshari Al Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada
imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur
(476-584 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara
karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith fi masail, al
khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H),
beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya
beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.
Dengan demikian imam al ghozali memiliki banyak murid.
Diantara murid–murid beliau kebanyakan belajar fiqh. Bahkan
diantara murid- murid beliau menjadi ulama besar dan pandai
mengarang kitab.
D. Karya-Karya Imam Al Ghazali
Imam Al Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi,
kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab,
diantaranya adalah :
1. Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai karangan yang
pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2. Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi) buku ini
dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa
keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan
para filusuf dengan keras.
3. Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama).
Kitab ini merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa
tahun ,dalam keadaan berpindah-pindah antara Damakus,
Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi panduan fiqih, tasawuf
dan filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab ini
merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali sendiri
dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta
jalan mencapai tuhan.
6. Al-ma ’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi
pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al i ’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang
baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang pertengahan) .
17. Al wajiz (yang ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat
yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia
uraian tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari
noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil
(obat orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta cara-
cara penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
BAB TAMBAHAN
KESETIAAN IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA.
Walupun kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap
setia terhadap gurunya dan tidak meninggalkannya sampai
dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al-Juwami wafat,
beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al Mulk,
perdana mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri
madrasah al- nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat
belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al
Farmadi (w. 477 H/1084 M)
Setelah gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju
negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah
ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat dengan para
‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini, namanya semakin
populer dan desegani karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484
H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat menjadi guru besar di
madrasah Nidhzamiyah, ini dijelaskan dalam bukunya al mungkiz
min al dahalal. Selama mengajar di madrasah dengan tekunnya
imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama
pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al
Shafa.penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam karyanya
seperti Falsafah Tuhfatul Al Falasifah.
Pada tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan
(ekeptis) trhadap ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan
filsafat). Keraguan pekerjaannya dan karya-karya yang
dihasilkannya, sehungga beliau menderita penyakit selam adua
bulan
Aqidah dan Madzhab Beliau
Dalam masalah fikih, beliau seorang yang bermazhab Syafi’i.
Nampak dari karyanya Al Wasith, Al Basith dan Al Wajiz. Bahkan
kitab beliau Al Wajiz termasuk buku induk dalam mazhab Syafi’i.
Mendapat perhatian khusus dari para ulama Syafi’iyah. Imam Adz
Dzahabi menjelaskan mazhab fikih beliau dengan pernyataannya,
“Syaikh Imam, Hujjatul Islam, A’jubatuz zaman, Zainuddin Abu
Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad
Ath Thusi Asy Syafi’i.”
Sedangkan dalam sisi akidah, beliau sudah terkenal dan masyhur
sebagai seorang yang bermazhab Asy’ariyah. Banyak membela
Asy’ariyah dalam membantah Bathiniyah, para filosof serta
kelompok yang menyelisihi mazhabnya. Bahkan termasuk salah
satu pilar dalam mazhab tersebut. Oleh karena itu beliau
menamakan kitab aqidahnya yang terkenal dengan judul Al
Iqtishad Fil I’tiqad. Tetapi karya beliau dalam aqidah dan cara
pengambilan dalilnya, hanyalah merupakan ringkasan dari karya
tokoh ulama Asy’ariyah sebelum beliau (pendahulunya). Tidak
memberikan sesuatu yang baru dalam mazhab Asy’ariyah. Beliau
hanya memaparkan dalam bentuk baru dan cara yang cukup
mudah. Keterkenalan Imam Ghazali sebagai tokoh Asy’ariyah juga
dibarengi dengan kesufiannya. Beliau menjadi patokan marhalah
yang sangat penting menyatunya Sufiyah ke dalam Asy’ariyah.
Akan tetapi tasawuf apakah yang diyakini beliau? Memang agak
sulit menentukan tasawuf beliau. Karena seringnya beliau
membantah sesuatu, kemudian beliau jadikan sebagai aqidahnya.
Beliau mengingkari filsafat dalam kitab Tahafut, tetapi beliau sendiri
menekuni filsafat dan menyetujuinya.
Ketika berbicara dengan Asy’ariyah tampaklah sebagai seorang
Asy’ari tulen. Ketika berbicara tasawuf, dia menjadi sufi.
Menunjukkan seringnya beliau berpindah-pindah dan tidak tetap
dengan satu mazhab. Oleh karena itu Ibnu Rusyd mencelanya
dengan mengatakan, “Beliau tidak berpegang teguh dengan satu
mazhab saja dalam buku-bukunya. Akan tetapi beliau menjadi
Asy’ari bersama Asy’ariyah, sufi bersama sufiyah dan filosof
bersama filsafat.” (Lihat Mukadimah kitab Bughyatul Murtad hal.
110).
Adapun orang yang menelaah kitab dan karya beliau seperti
Misykatul Anwar, Al Ma’arif Aqliyah, Mizanul Amal, Ma’arijul Quds,
Raudhatuthalibin, Al Maqshad Al Asna, Jawahirul Qur’an dan Al
Madmun Bihi Ala Ghairi Ahlihi, akan mengetahui bahwa tasawuf
beliau berbeda dengan tasawuf orang sebelumnya. Syaikh Dr.
Abdurrahman bin Shalih Ali Mahmud menjelaskan tasawuf Al
Ghazali dengan menyatakan, bahwa kunci mengenal kepribadian
Al Ghazali ada dua perkara:
Pertama, pendapat beliau, bahwa setiap orang memiliki tiga
aqidah. Yang pertama, ditampakkan di hadapan orang awam dan
yang difanatikinya. Kedua, beredar dalam ta’lim dan ceramah.
Ketiga, sesuatu yang dii’tiqadi seseorang dalam dirinya. Tidak ada
yang mengetahui kecuali teman yang setara pengetahuannya. Bila
demikian, Al Ghazali menyembunyikan sisi khusus dan rahasia
dalam aqidahnya.
Kedua, mengumpulkan pendapat dan uraian singkat beliau yang
selalu mengisyaratkan kerahasian akidahnya. Kemudian
membandingkannya dengan pendapat para filosof saat beliau
belum cenderung kepada filsafat Isyraqi dan tasawuf, seperti Ibnu
Sina dan yang lainnya. (Mauqif Ibnu Taimiyah Minal Asyariyah
2/628).
Beliau (Syeikh Dr. Abdurrahman bin Shalih Ali Mahmud)
menyimpulkan hasil penelitian dan pendapat para peneliti
pemikiran Al Ghazali, bahwa tasawuf Al Ghazali dilandasi filsafat
Isyraqi (Madzhab Isyraqi dalam filsafat ialah mazhab yang
menyatukan pemikiran dan ajaran dalam agama-agama kuno,
Yunani dan Parsi. Termasuk bagian dari filsafat Yunani dan Neo-
Platoisme. Lihat Al Mausu’ah Al Muyassarah Fi Al Adyan Wal
Madzahibi Wal Ahzab Al Mu’ashirah, karya Dr. Mani’ bin Hamad Al
Juhani 2/928-929). Sebenarnya inilah yang dikembangkan beliau
akibat pengaruh karya-karya Ibnu Sina dan Ikhwanush Shafa.
Demikian juga dijelaskan pentahqiq kitab Bughyatul Murtad dalam
mukadimahnya. Setelah menyimpulkan bantahan Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah terhadap beliau dengan mengatakan, “Bantahan
Ibnu Taimiyah terhadap Al Ghazali didasarkan kejelasannya
mengikuti filsafat dan terpengaruh dengan sekte Bathiniyah dalam
menta’wil nash-nash, walaupun beliau membantah habis-habisan
mereka, seperti dalam kitab Al Mustadzhiri. Ketika tujuan kitab ini
(Bughyatul Murtad, pen) adalah untuk membantah orang yang
berusaha menyatukan agama dan filsafat, maka Syaikhul Islam
menjelaskan bentuk usaha tersebut pada Al Ghazali. Yang
berusaha menafsirkan nash-nash dengan tafsir filsafat Isyraqi
yang didasarkan atas ta’wil batin terhadap nash, sesuai dengan
pokok-pokok ajaran ahli Isyraq (pengikut filsafat neo-
platonisme).” (Lihat Mukadimah kitab Bughyatul Murtad hal. 111).
Tetapi perlu diketahui, bahwa pada akhir hayatnya, beliau kembali
kepada ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah meninggalkan filsafat dan
ilmu kalam, dengan menekuni Shahih Bukhari dan Muslim.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Penulis Jawahirul Qur’an
(Al Ghazali, pen) karena banyak meneliti perkataan para filosof dan
merujuk kepada mereka, sehingga banyak mencampur
pendapatnya dengan perkataan mereka. Pun beliau menolak
banyak hal yang bersesuaian dengan mereka. Beliau memastikan,
bahwa perkataan filosof tidak memberikan ilmu dan keyakinan.
Demikian juga halnya perkataan ahli kalam. Pada akhirnya beliau
menyibukkan diri meneliti Shahih Bukhari dan Muslim hingga
wafatnya dalam keadaan demikian. Wallahu a’lam.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s