Kenali lebih jauh power supply PC

Kenali lebih jauh power supply PC

Jika ada satu komponen yang mutlak penting untuk pengoperasian komputer, itu adalah power supply. Tanpa power supply, komputer hanyalah sebuah kotak yang tidak berfungsi. Pasokan listrik mengubah arus bolak-balik (AC) dari catu daya listrik rumah Anda ke arussearah (DC) yang diperlukan oleh komputer. Pada artikel ini, kita akan belajar bagaimana pasokan daya PC bekerja.Dalam sebuah komputer pribadi (PC), catu daya berbentuk kotak logam yang biasanya ditemukan di sudut atas. Power supply terlihatdari belakang CPU.Pasokan listrik, sering disebut sebagai “switching power supplies”, menggunakan teknologi switcher untuk mengkonversi input AC ke tegangan DC yang lebih rendah. Tegangan yang khas disediakan adalah:*.3,3 volt*.5 volt*.12 voltTegangan 3.3-5-volt biasanya digunakan oleh rangkaian digital, sedangkan 12-volt digunakan untuk menjalankan motor di disk drive dan fans. Spesifikasi utama dari catu daya adalah watt. Watt adalah produk dari tegangan (volt) dan arus (ampere/amp). Jika Anda telah menggunakan PC selama bertahun-tahun, Anda mungkin ingat bahwa PC telah beralih switch besar merah yang fungsinya lebih baik daripada yang lama. Ketika Anda menghidupkan PC atau mematikannya, Anda dapat melakukannya. Switch ini mengontrol aliran 220 volt power dar catu daya listrik.Saat Anda menghidupkan daya dengan tombol power, dan Anda mematikan mesin dengan pilihan menu shutdown. Sistem operasi dapat mengirim sinyal ke catu daya untuk mematikan power supply. Tombol pushmengirim sinyal 5-volt power supply untuk menyalakan system. Power supply juga memiliki sirkuit yang memasok 5 volt, yang disebut VSB untuk “tegangan siaga” bahkan ketika komputer anda di “off” (di shutdown), bila di bios anda di setting untuk menghidupkan komputer melalui tombol power dari keyboard, maka system akan menyala.Bagaimana untuk menguji power supply komputer AndaAda beberapa langkah sederhana yang perlu Anda ketahui untuk menguji power supply komputer Anda, seperti mematikan saklar daya dan mencabut plug dari power supply. Kemudian Anda perlu untuk mencabut kabel dan membongkar bagian dari power-supply. Hal ini dilakukan untuk sepenuhnya menghilangkan catu daya yang terhubung kepower supply.

image

Kemudian, Anda cari konektor ATX, kabel hitam dan hijau, dan satukan kabel tersebut bersama-sama. Selanjutnya, Anda hubungkan ke catu daya listrik dan pastikan sistem ventilasi/kipas berfungsi dengan baik, Anda memeriksa apakah koneksi sudah benar. Tegangan 12 volt dari power supply dapat anda ukur dengan volt meter.Sebelum anda memeriksa power supply anda perlu menyediakan beberapa peralatan
1.Obeng kembang
2.Multi Tester
3.Kabel PenghubungUntuk dapat menguji power supply komputer Anda, Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah ini:
1.Matikan saklar daya Anda dan cabut steker dari catu daya listrik.
2.Lepaskan kabel dari CPU dan mulai menghilangkan bagian catu daya dalam rangka untuk menghapus catu daya keseluruhan (kotak logam persegi) dari CPU.
3.Setelah selesai, cari konektor ATX utama dan cari kabel hijau.
4.Juga cari kabel hitam di dekat kabel hijau dan dengan menggunakan Kabel sambungan, Sambungkan kedua kabel tersebut.
5.Setelah anda hubungkan kabel warna hijau dan warna hitam, hubungkan power supply ke Catu daya listrik dan pastikan Kipas power supply berputar ketika anda hubungkan power supply ke listrik.6.Untuk memeriksa apakah koneksi benar, gunakan Multi tester (Avo meter) periksa diantara kabel kuning dan kabel hitam harus menampilkan tegangan 12 volt (Ingat, Hubungkan kabel kuning PSU dengan kabel merah dari Avo meter, dan kabel hitam PSU dengan kabel hitam dari avo meter).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s