Darurat Stop kesyirikan

Darurat Stop kesyirikan

BAHAYA-BAHAYA SYIRIK
======================

Syirik mempunyai bebagai macam bahaya dan kerusakan dalam kehidupan pribadi dan masyarakat. Di antaranya yang terpenting adalah :

1. Syirik penghinaan kemanusiaan
Ini adalah penghinaan terhadap kemuliaan manusia, degradasi nilai dan martabatnya. Allah telah menjadikannya khalifah di permukaan bumi, memuliakannya, mengajarkannya tentang semua nama, menundukkan untuknya segala yang ada di langit dan di bumi, dan memberikan kepadanya kedaulatan atas segala sesuatu di alam semesta. Namun ia tidak tahu nilai dirinya, ia jadikan sebagian alam semesta sebagian tuhan yang disembah, ia tunduk dan sujud padanya, padahal ia tuan alam semesta ini. Allah berfirman :
ﻭَﻣِﻦْ ﺁﻳَﺎﺗِﻪِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞُ ﻭَﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭُ ﻭَﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻭَﺍﻟْﻘَﻤَﺮُ ﻻ ﺗَﺴْﺠُﺪُﻭﺍ ﻟِﻠﺸَّﻤْﺲِ ﻭَﻻ ﻟِﻠْﻘَﻤَﺮِ ﻭَﺍﺳْﺠُﺪُﻭﺍ ﻟِﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻘَﻬُﻦَّ ﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺇِﻳَّﺎﻩُ ﺗَﻌْﺒُﺪُﻭﻥَ
Dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah Yang menciptakannya, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah. (QS. Fushshilat : 37).

Penghinaan apa lagi yang lebih besar dari pada ratusan juta manusia melakukan penyembahan terhadap seekor sapi yang ditundukkan Allah untuk melayaninya, dan dimakan dagingnya , bukan malah dijadikan sebagai sembahan yang dikultuskan. Oleh karena itu al-Qur’an memberikan gambaran bagaimana kemusyrikan itu merendahkan martabat pelakunya :
ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﺸْﺮِﻙْ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻜَﺄَﻧَّﻤَﺎ ﺧَﺮَّ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ﻓَﺘَﺨْﻄَﻔُﻪُ ﺍﻟﻄَّﻴْﺮُ ﺃَﻭْ ﺗَﻬْﻮِﻱ ﺑِﻪِ ﺍﻟﺮِّﻳﺢُ ﻓِﻲ ﻣَﻜَﺎﻥٍ ﺳَﺤِﻴﻖٍ
Barang siapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh.(QS. Al-Hajj : 31)

image

2. Syirik merupakan pintu masuk khurafat
Syirik memasuki sarang khurafat dan mitos; karena orang yang meyakini adanya sang penentu selain Allah pada alam ini seperti bintang, jin, roh halus, dan sebagainya, maka berarti akalnya siap menerima segala khurafat, membenarkan semua mitos. Oleh karena itu, dalam masyarakat musyrik muncul subur barang dagangan para dukun, peramal, tukang sihir, astrolog dan semacamnya yang mengklaim tahu masalah yang ghaib. Di samping masyarakat ini menyepelekan usaha dan ikhtiar, dan mengagantungkan diri pada jimat, jampi, sihir, tumbal, dan sejenisnya.

3. Syirik merupakan kezaliman yang besar
Syirik merupakan kezaliman yang besar, zalim terhadap hakikat kebenaran, zalim terhadap diri sendiri, dan zalim terhadap yang lain. Dikatakan zalim terhadap hakikat kebenaran, karena hakikat kebenaran yang paling besar adalah bahwa tidak ada tuhan yang harus diibadahi dan ditaati selain Allah, tidak ada tuhan pemelihara selain Dia, dan tidak ada ketentuan selain ketentuan-Nya. Akan tetapi orang musyrik menjadikan selain Allah tuhan yang disembah, mencari pemelihara selain Allah, dan mencari ketentuan hukum selain ketentuan Allah. Dikatakan zalim terhadap diri sendiri, karena orang yang musyrik menjadikan dirinya sebagai hamba makhluk yang sama seperti dia atau lebih rendah dari pada dirinya, padahal Allah menjadikannya orang yang merdeka. Dikatakan zalim terhadap yang lain, karena orang yang menjadikan selain Allah sebagai sekutu bagi-Nya berarti ia telah berbuat zalim kepadanya, di mana ia memberikannya hak yang bukan miliknya.

image

4. Syirik merupakan sumber rasa takut
Syirik merupakan sumber ketakutan dan kegalauan, karena tauhid merupakan sumber rasa aman dan ketentraman. Orang yang akalnya menerima segala bentuk khurafat, membenarkan segala bentuk mitos, maka ia akan menjadi orang yang takut dari berbagai penjuru. Dari tuhan-tuhan yang disembah, para asisten tuhan, dari kegalauan yang dihembuskan oleh para asisten tuhan, dukun, dan para pengikutnya. Oleh karena itu dalam suasana syirik menyebarlah rasa pesimisme, anggapan sial, dan rasa takut tanpa sebab yang jelas. Allah swt berfirman :
ﺳَﻨُﻠْﻘِﻲ ﻓِﻲ ﻗُﻠُﻮﺏِ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻛَﻔَﺮُﻭﺍ ﺍﻟﺮُّﻋْﺐَ ﺑِﻤَﺎ ﺃَﺷْﺮَﻛُﻮﺍ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻣَﺎ ﻟَﻢْ ﻳُﻨَﺰِّﻝْ ﺑِﻪِ ﺳُﻠْﻄَﺎﻧًﺎ ﻭَﻣَﺄْﻭَﺍﻫُﻢُ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ ﻭَﺑِﺌْﺲَ ﻣَﺜْﻮَﻯ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ
Akan Kami masukkan ke dalam hati orang-orang kafir rasa takut, disebabkan mereka mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah sendiri tidak menurunkan keterangan tentang itu. Tempat kembali mereka ialah neraka; dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal orang-orang yang lalim. (QS. Ali Imran : 151)

5. Syirik dapat menghapuskan sikap optimisme seseorang
Syirik dapat menghalangi kerja yang bermanfaat, dapat menghapuskan sikap optimisme dan percaya diri seseorang -setelah bergantung pada Allah-; hal itu dikarenakan syirik itu mengajarkan kepada para penganutnya sikap ketergantungan pada para perantara. Mereka melakukan segala bentuk dosa dan kesalahan dengan andalan bahwa tuhan-tuhan mereka akan memberikan pertolongan kepada mereka. Inilah yang diyakini orang-orang musyrik Arab tentang tuhan dan berhala mereka.

Allah berfirman :
ﻭَﻳَﻌْﺒُﺪُﻭﻥَ ﻣِﻦْ ﺩُﻭﻥِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻣَﺎ ﻻ ﻳَﻀُﺮُّﻫُﻢْ ﻭَﻻ ﻳَﻨْﻔَﻌُﻬُﻢْ ﻭَﻳَﻘُﻮﻟُﻮﻥَ ﻫَﺆُﻻﺀِ ﺷُﻔَﻌَﺎﺅُﻧَﺎ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ
Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudaratan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: “Mereka itu adalah pemberi syafaat kepada kami di sisi Allah”. (QS. Yunus : 18)

6. Bahaya syirik di akhirat
Di atas adalah bahaya syirik di dunia. Sedangkan bahayanya di akhirat cukuplah bahwa syirik adalah dosa besar yang tidak diampuni sebagaimana firman Allah :
ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻻ ﻳَﻐْﻔِﺮُ ﺃَﻥْ ﻳُﺸْﺮَﻙَ ﺑِﻪِ ﻭَﻳَﻐْﻔِﺮُ ﻣَﺎ ﺩُﻭﻥَ ﺫَﻟِﻚَ ﻟِﻤَﻦْ ﻳَﺸَﺎﺀُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﺸْﺮِﻙْ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻘَﺪِ ﺍﻓْﺘَﺮَﻯ ﺇِﺛْﻤًﺎ ﻋَﻈِﻴﻤًﺎ
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.(QS. An-Nisa’ : 48).

Orang musyrik tidak punya tempat tinggal kecuali neraka, ia diharamkan masuk surga. Allah berfirman :
ﺇِﻧَّﻪُ ﻣَﻦْ ﻳُﺸْﺮِﻙْ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻘَﺪْ ﺣَﺮَّﻡَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻭَﻣَﺄْﻭَﺍﻩُ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ ﻭَﻣَﺎ ﻟِﻠﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﻣِﻦْ ﺃَﻧْﺼَﺎﺭٍ
Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun. (QS. Al-Maidah : 72)

Rasululah saw bersabda :
ﻣَﻦْ ﻟَﻘِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻟَﺎ ﻳُﺸْﺮِﻙُ ﺑِﻪِ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻭَﻣَﻦْ ﻟَﻘِﻴَﻪُ ﻳُﺸْﺮِﻙُ ﺑِﻪِ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭَ
Barangsiapa yang bertemu dengan Allah dalam keadaan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, maka pasti ia masuk surga. Dan barangsiapa yang bertemu dengan Allah dalam menyekutukan-Nya, maka pasti ia masuk neraka. (HR. Muslim)

‏( ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺎﻟﺼﻮﺍﺏ ‏)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s