KADZIB (DUSTA)

KADZIB (DUSTA)

A.    Pengertian kadzib (dusta)

Kadzib (dusta) adalah lawan dari shidiq (jujur).

Kalau shidiq diartikan kesesuaian antara ucapan dengan hati nurani dan kenyataan  yang diucapkan secara terpadu, maka kadzib atau dusta ketidak sesuaian antara ucapan dengan hati nurani dan kenyataan yang diucapkan secara terpadu.

Ada yang mengartikan dusta dengan ketidak sesuaian ucapan dengan kenyataan yang diucapkan. Ini kurang tepat karena orang-orang munafik dikatakan dusta padahal apa yang mereka katakan bahwa Muhammad itu Rasulullah adalah benar. Mereka dikatakan dusta karena apa yang mereka ucapkan tidak sesuai dengan hati nurani mereka.

Allah swt berfirman :

ﺇِﺫَﺍ ﺟَﺎﺀَﻙَ ﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻘُﻮﻥَ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻧَﺸْﻬَﺪُ ﺇِﻧَّﻚَ ﻟَﺮَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﻳَﻌْﻠَﻢُ ﺇِﻧَّﻚ ﻟَﺮَﺳُﻮﻟُﻪُ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﻳَﺸْﻬَﺪُ ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻘِﻴﻦَ ﻟَﻜَﺎﺫِﺑُﻮﻥَ

Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: “Kami mengakui, bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah”. Dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta. (QS. Al-Munafiqun : 1)

B. Tercelanya kadzib (dusta)

1.    Termasuk sifat orang-orang kafir dan munafik.
ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻳَﻔْﺘَﺮِﻱ ﺍﻟْﻜَﺬِﺏَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻟَﺎ ﻳُﺆْﻣِﻨُﻮﻥ
َ ﺑِﺂﻳَﺎﺕِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺃُﻭﻟَﺌِﻚَ ﻫُﻢُ ﺍﻟْﻜَﺎﺫِﺑُﻮﻥَ
Firman Allah : Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta. (QS.an-Nahl : 105). Baca juga QS. Al-Munafiqun : 1)

image

2.    Merupakan sifat dasar segala sifat tercela.

Sabda Rasululah saw. :

ﻋَﻦ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠَّﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭﺳَﻠَّﻢ ﻗﺎﻝ : ‏« ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺼَّﺪْﻕَ ﻳَﻬْﺪِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﺒِﺮِّ ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺒِﺮَّ ﻳَﻬْﺪِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺠَﻨَّﺔِ ، ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻟﻴﺼْﺪُﻕُ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻜﺘَﺐَ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻِﺪِّﻳﻘﺎً ، ﻭﺇِﻥَّ ﺍﻟْﻜَﺬِﺏَ ﻳَﻬْﺪِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻔﺠُﻮﺭِ ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟﻔﺠُﻮﺭَ ﻳَﻬْﺪِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ، ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﻟَﻴَﻜْﺬِﺏُ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻜﺘَﺐَ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻛَﺬَّﺍﺑﺎً ‏» ﻣﺘﻔﻖٌ ﻋﻠﻴﻪ

. Dari Ibnu Mas’ud r.a. dari Nabi s.a.w., sabdanya: “Sesungguhnya shidiq akan menentukan kepada perbutan birr (kebaikan), dan sesungguhnya kebaikan akan menuntun  ke surga. Seseorang itu sungguh melakukan kebanaran sehingga dicatat di sisi Allah sebagai seorang yang ahli melakukan kebenaran. Dan sesungguhnya berdusta itu menuntun kepada penyimpangan dan sesungguhnya penyimpangan itu menjerumuskan kepada neraka. Seseorang sungguh berdusta sehingga dicatat di sisi Allah sebagai seorang yang ahli berdusta.” (Muttafaq ‘alaih).

3.    Allah menghukum sesat orang-orang yang dusta.

Firman Allah :

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻟَﺎ ﻳَﻬْﺪِﻱ ﻣَﻦْ ﻫُﻮَ ﻛَﺎﺫِﺏٌ ﻛَﻔَّﺎﺭٌ “Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar…”. (QS. Az-Zumar 3

4.    Allah mengancam orang-orang yang dusta dengan siksa yang pedih pada hari kiamat.

Firman Allah :

ﻭَﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺗَﺮَﻯ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻛَﺬَﺑُﻮﺍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭُﺟُﻮﻫُﻬُﻢْ ﻣُﺴْﻮَﺩَّﺓٌ ﺃَﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻲ ﺟَﻬَﻨَّﻢَ ﻣَﺜْﻮًﻯ ﻟِﻠْﻤُﺘَﻜَﺒِّﺮِﻳﻦَ “Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka Jahanam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri? “ (QS. Az-Zumar : 60)
C.    Macam-macam kadzib

1.    Khianat.

Firman Allah :

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻟَﺎ ﺗَﺨُﻮﻧُﻮﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﻭَﺗَﺨُﻮﻧُﻮﺍ ﺃَﻣَﺎﻧَﺎﺗِﻜُﻢْ ﻭَﺃَﻧْﺘُﻢْ ﺗَﻌْﻠَﻤُﻮﻥَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.”  (QS. Al-Anfal : 27) 

2.  Melanggar  janji

Sabda Rasulullah saw. :

ﺁﻳَﺔُ ﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻖِ ﺛَﻠَﺎﺙٌ ﺇِﺫَﺍ ﺣَﺪَّﺙَ ﻛَﺬَﺏَ ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻭَﻋَﺪَ ﺃَﺧْﻠَﻒَ ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺍﺅْﺗُﻤِﻦَ ﺧَﺎﻥَ
“Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu bila berbicara dusta, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat”. (HR. Muslim)

3.    Kesaksian palsu

ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﺑَﻜْﺮَﺓَ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ ﻗَﺎﻝ ﻛُﻨَّﺎ ﻋِﻨْﺪَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺃَﻟَﺎ ﺃُﻧَﺒِّﺌُﻜُﻢْ ﺑِﺄَﻛْﺒَﺮِ ﺍﻟْﻜَﺒَﺎﺋِﺮِ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﺍﻟْﺈِﺷْﺮَﺍﻙُ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻋُﻘُﻮﻕُ ﺍﻟْﻮَﺍﻟِﺪَﻳْﻦِ ﻭَﺷَﻬَﺎﺩَﺓُ ﺍﻟﺰُّﻭﺭِ ﺃَﻭْ ﻗَﻮْﻝُ ﺍﻟﺰُّﻭﺭِ ﻭَﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣُﺘَّﻜِﺌًﺎ ﻓَﺠَﻠَﺲَ ﻓَﻤَﺎ ﺯَﺍﻝَ ﻳُﻜَﺮِّﺭُﻫَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﻗُﻠْﻨَﺎ ﻟَﻴْﺘَﻪُ ﺳَﻜَﺖَ Dari Abdur Rahman bin Abu Bakrah, dari bapaknya ra, ia berkata : Kami berada di sisi Rasulullah saw, lalu beliau bersabda: “Tidakkah engkau semua suka saya beritahukan perihal sebesar-besarnya dosa besar?” Beliau menyabdakan ini sampai tiga kali. Yaitu : “Menyekutukan Allah, durhaka  kepada kedua orangtua, dan kesaksian palsu atauperkataan palsu.” Semula beliau saw. bersandar lalu duduk kemudian beliau mengulang-ulangnya sampai kami berkata : Mudah-mudahan beliau diam.  (Muttafaq ‘alaih)

4.    Mengadu domba.
Firman Allah :
ﻭَﻟَﺎ ﺗُﻄِﻊْ ﻛُﻞَّ ﺣَﻠَّﺎﻑٍ ﻣَﻬِﻴﻦٍ ‏( 10

‏) ﻫَﻤَّﺎﺯٍ ﻣَﺸَّﺎﺀٍ ﺑِﻨَﻤِﻴﻢٍ ‏( 11 ‏) ﻣَﻨَّﺎﻉٍ ﻟِﻠْﺨَﻴْﺮِ ﻣُﻌْﺘَﺪٍ ﺃَﺛِﻴﻢٍ ‏( 12 ‏) ﻋُﺘُﻞٍّ ﺑَﻌْﺪَ ﺫَﻟِﻚَ ﺯَﻧِﻴﻢٍ ‏( 13 ‏) 10 . dan janganlah kamu ikuti Setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, 11. yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah, 12. yang banyak menghalangi perbuatan baik, yang melampaui batas lagi banyak dosa, 13. yang kaku kasar, selain dari itu, yang terkenal kejahatannya, (QS. Al-Qalam:10-13)

5.    Buhtan (berita bohong).

Firman Allah :

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﺇِﻥْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﻓَﺎﺳِﻖٌ ﺑِﻨَﺒَﺈٍ ﻓَﺘَﺒَﻴَّﻨُﻮﺍ ﺃَﻥْ ﺗُﺼِﻴﺒُﻮﺍ ﻗَﻮْﻣًﺎ ﺑِﺠَﻬَﺎﻟَﺔٍ ﻓَﺘُﺼْﺒِﺤُﻮﺍ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﻓَﻌَﻠْﺘُﻢْ ﻧَﺎﺩِﻣِﻴﻦَ “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. “.
(QS. Al-Hujurat : 6)

D. Dispensasi kadzib

1.    Dusta dalam peperangan
2.    Mendamaikan dua orang yang berselisih
3.    Seorang suami menyenangkan isterinya atau sebaliknya.

image

Dalam Hadits :

ﻋَﻦْ ﺃُﻡَّ ﻛُﻠْﺜُﻮﻡٍ ﺑِﻨْﺖَ ﻋُﻘْﺒَﺔَ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﺳَﻤِﻌَﺖْ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﻟَﻴْﺲَ ﺍﻟْﻜَﺬَّﺍﺏُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻳُﺼْﻠِﺢُ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻓَﻴَﻨْﻤِﻲ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﺃَﻭْ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺧَﻴْﺮًﺍ . ﻭَﻗَﺎﻟَﺖْ ﻟَﻢْ ﺃَﺳْﻤَﻌْﻪُ ﻳُﺮَﺧِّﺺُ ﻓِﻲ ﺷَﻲْﺀٍ ﻣِﻤَّﺎ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺇِﻟَّﺎ ﻓِﻲ ﺛَﻠَﺎﺙٍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺮْﺏِ ﻭَﺍﻟْﺈِﺻْﻠَﺎﺡِ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻭَﺣَﺪِﻳﺚِ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﺍﻣْﺮَﺃَﺗَﻪُ ﻭَﺣَﺪِﻳﺚِ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓِ ﺯَﻭْﺟَﻬَﺎ

Dari Ummu Kultsum binti Uqbah ra, ia mendengar Rasulullah saw bersabda : “Tidak termasuk pendusta orang yang mendamaikan orang-orang,  lalu ia menceritakan perkataan yang baik, atau mengatakan yang baik. Ummu Kultsum berkata : Saya tidak pernah mendengar Rasulullah saw memberikan dispensasi pada perkataan manusia kecuali dalam tiga hal : peperangan, mendamaikan manusia, pembicaraan seorang laki-laki terhadap isterinya dan pembicaraan seorang perempuan terhadap suaminya. (HR. Muslim)

( ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺎﻟﺼﻮﺍﺏ

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s