Silabus belajar kami

Silabus belajar kami

Mem-padatkan materi mewarnai gambar, hapalan hadits, mahfudzat dalam 1 materi

=========

 

Keterbatasan alat peraga mengajar tidak menyurutkan langkah kami

Menuntut ilmu, karena kami yakin pertolongan terbaik bagi anak didik kami bukan

Setumpuk donasi tapi kepercayaan diri untuk bangkit dan berdikari.

 

Membuat sendiri materi mewarnai gambar+hapalan 40 hadits pendek+mahfuzhat (kata motivasi arab) merangsang perkembangan motorik mereka  untuk selalu kreatif dalam setiap situasi hidup, baik susah atau senang.

 

Dalam majelis ini kami pengajar dan orang tua hanya memiliki keinginan sederhana membentengi keluarga kami dengan pondasi akidah yang kokoh : Membumikan tauhid dalam sanubari.

Ahadun ahad.

 

Hari ini kami berhasil merampungkan silabus baru, dengan menambah cabang mentoring pelajaran sekolah di majelis setelah materi keagamaan selesai, dengan upaya capaian menciptakan muslim kaffah dengan pondasi tauhid yang kokoh sehingga mereka juga tangguh dalam hal sains dunia.

 

Beberapa silabus pokok kami beserta output pencapaiannya:

 

1. Sifat shalat nabi

Tools :Materi-shalat jamaah sebelum majelis dimulai.

Upaya capaian: menanamkan dalam sanubari murid, bahw shalat adalah sebagai pembentukan ahlaqul karimah.

Hasil output: – murid sudah mampu menjaga shalat lima waktu, tepat waktu tanpa dipaksa dan mulai timbul ke khusyu’an.

– mampu mengkritisi bila orang tua menunda shalat dan atau masih gemar berghibah, bohong dll, dengan menjelaskan pada orang tua bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar.

Output maksimal: orang tua dan anak sudah mulai saling mengingatkan pada kebaikan.

 

2. Taddabur quran (sub materi: hapalan ayat/surat dan hapalan hadits dan mahfuzhat, kisah keajaiban sains, ilmuwan islam, nabi dan sahabat,serta keajaiban penciptaan)

Tools : melalui kisah hikmah para nabi/sahabat/orang shaleh yang sohih + alat peraga mewarnai gambar.

Upaya capaian: menamakan adab+ahlaq lewat media peraga

Output : anak anak mulai menanamkan ahlaq dan adab sedapat mungkin baik ke orang tua dan teman bermain dan menghindari konflik.

 

3. tajwid, iqro. (Sub materi khot (penulisan kaligrafi), imla’ (dikte).

Tools : buku tulis, papan mika peraga.

Upaya capaian : menghasilkan anak yang mampu membaca quran dengan tartil.

Output: sudah mulai menghapal juz 30. & doa ma’tsurat, mengkaji makna dan asbabun nuzul.

 

============

Majelis Thulabul iilmiy–wadah pembentuk karakter anak sesuai manhaj salaf

Contact person: Taufan 0889-8399-312

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s